Keunggulan Bebek Hibrida



Mengenal Bebek Hibrida
yang Memiliki Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat

Bebek Hibrida merupakan jenis unggas dari hasil persilangan antara Itik Mojosari dengan Itik Peking Jantan. Bebek hibrida ini juga biasa disebut dengan bebek MP ( Mojosari-Peking) yang ditemukan di Kec. Mojosari yang saat ini memang terkenal sebagai sentral peternakan Itik Mojosari. Para peternak ingin membuat terobosan baru dengan membuat persilangan antara kedua jenis itik yang berbeda dengan tujuan untuk mendapatkan Itik yang cepat pertumbuhannya dengan hasil maksimal. Jenis Itik Hibrida ditujukan sebagai Itik potong atau pedaging. Untuk harga DOD atau bibit bebek hibrida sendiri dari waktu kewaktu cukup terjangkau di setiap level peternak. Dan permintaan pasar jenis bebek ini terus saja meningkat, hal ini tentu saja bisa menjadi indikasi bagus berkembangnya bebek hibrida ini.

Persilangan antara kedua jenis bebek tersebut juga untuk mendapatkan bebek unggulan. Bebek Hibrida hasil persilangan antara bebek peking jantan dengan bebek lokal mojosari betina dengan ciri khas fisiknya yang hampir sama dengan Bebek Lokal hanya saja lebih gemuk pada bagian bawah perutnya.

Bebek Hibrida memiliki beberapa keunggulan seperti:

1. Pertumbuhan yang cepat, hanya dalam kurun waktu 40-50 hari saja itik hibrida ini sudah mencapai berat 1,4-2kg.

2. Rasa dagingnya lebih lembut dan gurih, rasanya menyerupai bebek lokal namun teksturnya seperti bebek peking.

3. Lebih hemat biaya.

4. Bebek Hibrida memerlukan 2,7 kg pakan untuk mencapai berat 1,6-2kg sedangkan bebek lokal membutuhkan 4kg pakan untuk mencapai berat 1,2-1,4 kg.

Bebek Hibrida memiliki daya tahan yang bagus.

Pada umumnya Bebek Hibrida dipelihara dengan sistem kering dengan tujuan mengurangi resiko kematian saat usia dibawah 2 minggu. Dengan menggunakan sistem kandang kering maka pada bagian alasnya menggunakan sekam padi. Dalam kandangnya juga selalu disediakan pakan.

Pemberian Pakan
Jenis pakan Bebek Hibrida disesuaikan dengan usia dari Bebek itu sendiri

1. Pakan usia 0-2 minggu pakan murni starter/511 pakan ini termasuk salah jenis pakan produk dari japfa comfeed.

2. Untuk usia 2 minggu-1 bulan perbandingannya: 1 pakan starter 511: 2 Bekatul yang diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Usia 1 bulan ke atas bisa diberikan pakan dengan perbandingan 1 pakan starter 511: 3 bekatul yang diberikan 3 kali sehari.

Karena jenis Bebek Hibrida ini umum dipelihara sebagai itik potong atau pedaging, maka pakan yang mengandung protein tentu diperlukan. Ada beberapa pakan alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan proteinnya

1. Nasi
2. Kerang
3. Ikan Cepret

Bebek Hibrida yang dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat saat ini memang banyak diminati para peternak bebek di Indonesia. Persilangan antara bebek peking jantan yang bukan bebek asli Indonesia dengan bebek mojosari sejenis bebek lokal Indonesia yang keberadaannya berasal dari Mojosari Jawa Timur, sebagai sentral peternakan Bebek Mojosari yang merupakan Bebek berkualitas unggul.

Komentar

Postingan Populer